GELAR KARYA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 SURAKARTA

GELAR KARYA SISWA KELAS X SMA NEGERI 8 SURAKARTA

Surakarta, 17 Mei 2023

Gelar karya Proyek Penguatan Profil Pelajar Pancasila (P5) merupakan bagian yang tidak terpisahkan dari Kurikulum Merdeka. Pada tahun ajaran 2022-2023 SMA Negeri 8 Surakarta menerapkan Kurikulum Merdeka pada kelas X atau Fase E dengan memilih 3 tema dari 7 tema P5 yang tersedia. Tiga tema tersebut yakni Tema 1 Bhinneka Tunggal Ika, Tema 2 Kewirausahaan, dan Tema 3 Gaya Hidup Berkelanjutan.
Pada tanggal 17 Mei 2023, SMA Negeri 8 Surakarta menggelar perhelatan gelar karya P5 bertajuk “Satukan perbedaan, Ciptakan Entrepreneur Berwawasan Lingkungan”. Acara ini menampilkan hasil karya siswa kelas X atau Fase E selama 1 tahun pelaksanaan P5. Hasil karya ditampilkan dalam dua bentuk yakni produk (barang) dan aksi (penampilan).
Produk yang dimaksud adalah hasil kreativitas siswa dalam membuat produk dengan filosofi wirausaha yang berwawasan lingkungan berupa poster peduli lingkungan, kain batik tulis, berbagai kreasi batik jumputan, lilin, vas bunga dari limbah koran, tanaman hias dari limbah organic, serta pupuk organic cair dan padat.
Sedangkan aksi yang dimaksud adalah penampilan kreasi siswa dengan filosofi akhlak dan kedisiplinan untuk menyatukan perbedaan berupa penampilan drama dan pembacaan puisi dari setiap kelas.
Kepala SMA Negeri 8 Surakarta, Drs. Munarso, MM. menyatakan kegiatan gelar karya ini bertujuan untuk menunumbuhkan rasa persatuan dalam perbedaan yang ada, walaupun warga SMA Negeri 8 Surakarta berbeda-beda baik berbeda dalam segi ras, budaya, ekonomi, maupun agama namun semua dalam satu visi, satu tujuan, dan satu karya. Sehingga pelaksanaan program P5 ini selain bertujuan untuk menciptakan generasi muda yang kreatif dan berjiwa wirausaha namun juga memiliki rasa cinta terhadap tanah air yang ditunjukkan dengan sikap peduli terhadap kelestarian alam sekitar dan menghargai keberagaman.
Gelar karya ini dihadiri oleh perwakilan Kepala Cabang Dinas Wilayah VII Provinsi Jawa Tengah, Perwakiilan Kepala Dinas Lingkungan Hidup kota Surakarta, Pengawas SMA Negeri 8 Surakarta, Ketua komite SMA Negeri 8 surakarta serta bapak/ibu wali murid kelas X (Fase E). Gelar karya ini sekaligus menjadi sarana sekolah dalam menjalin kerjasama yang baik serta memberikan informasi dan gambaran mengenai P5 dalam proses pembelajaran pada Kurikulum Merdeka di SMA Negeri 8 Surakarta
Acara yang berlangsung mulai pukul 08.30 WIB ini digagas oleh tim P5 SMA Negeri 8 Surakarta yang terdiri dari bapak/ibu dewan guru koordinator dan fasilitator, bersama dengan panitia gelar P5 yang beranggotakan siswa kelas X yang diketuai oleh Johannes Surya Natali (kelas X.3). Kegiatan ini berakhir pukul 17.00 WIB, yang diakhiri dengan penampilan memukau dari Tim Ketoprak Kelas X.2 yang menyajikan penampilan berbeda dengan mengusung tema komedi tradisional.

Search

Recent Post

Kategori

Categories

Follow Us