IHT (In Hiuse Training) IMPLEMENTASI SEKOLAH RAMAH ANAK

Surakarta, 7 November 2023.
Pada hari Selasa, 7 November 2023 telah diselenggarakan In House Training “Implementasi Sekolah Ramah Anak” di SMA Negeri 8 Surakarta.
Bertempat di Ruang Multimedia. Kegiatan dimulai pukul 10.00 WIB dan selesai pada pukul 15.30 WIB.
Kegiatan tersebut diperuntukkan bagi seluruh Guru dan Tenaga Kependidikan civitas akademika SMAN 8 Surakarta.
Kegiatan ini dibuka secara resmi oleh Bapak Kepala SMAN 8 Surakarta.
Adapun sebagai narasumber / pembicara kegiatan tersebut adalah Ibu Kepala Dinas P3AP2KB Kota Surakarta, Ibu Purwanti SKM, M.Kes dan Sub Koordinator Pelindungan Khusus Anak, Ibu Andriani Soeharto, S.Sos,M.Si‚Äč.

Kegiatan ini dibagi menjadi 2 sesi, Sesi 1 dengan materi Implementasi SRA pukul 11.00 s.d 12.30 dan sesi 2 dengan materi Konvensi Hak Anak dan Disiplin Positif pukul 13.30 s.d 15.30

Kegiatan tidak hanya penyampaian materi saja, namun ada diskusi panel dan sharing pengalaman dan realita yang terjadi di dunia pendidikan saat ini. Banyak sekali perbedaan antara perlakuan kepada anak zaman dahulu dan sekarang.
“Tidak ada punishment dalam Sekolah Ramah Anak, namun bagaimana kita dapat melakukan pendekatan agar anak paham konsekuiensi dari apa yang dia lakukan.” Ungkap Bu Kadinas P3AP2KB.

Guru harus dapat memahami perbedaan-perbedaan yang terjadi, generasi saat ini adalah generasi strawberry yang jauh berbeda dengan generasi jauh sebelumnya yang sangat kuat dan tahan banting. Tidak ada hukuman fisik dalam Sekolah Ramah Anak. Guru Bimbingan Konseling, saat ini harus berubah kesan bahwa murid yang ke BK adalah murid yang bersalah dan bermasalah.

Kemudian, sebagai tindak lanjut, Tanggal 14 November 2023 yang akan datang, akan diselenggarakan pula Sosialisasi Sekolah Ramah Anak bagi para murid, yang akan dihadiri oleh perwakilan masing-masing kelas sebagai peserta.