WORKSHOP PEMANFAATAN PLATFORM MERDEKA MENGAJAR (PMM) DALAM IMPLEMENTASI KURIKULUM MERDEKA DI SMA NEGERI 8 SURAKARTA

Surakarta, 7 Desember 2022

Dalam upaya mengembangkan kompetensi guru dalam meningkatkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka dengan memanfaatkan Platform Merdeka Mengajar (PMM), SMA Negeri 8 Surakarta menyelenggarakan Workshop Pemanfaatan Platform Merdeka Mengajar (PMM) Dalam Implementasi Kurikulum Merdeka pada tanggal 6-7 Desember 2022 bertempat di ruang multimedia. Sebagai nara sumber yaitu Ibu Anita Sukarini. S. Pd dari SMA Widya Bina Solo. Beliau merupakan Duta Rumah Belajar 2021 dan Kokapten belajar.id Kota Surakarta. Dihadiri pula oleh perwakilan dari Cabang Dinas Pendidikan Wilayah VII yaitu Bapak Edi Purwanto, SE, MM selaku kasi SMA.
Mengapa harus PMM ?
Kementerian Pendidikan, Kebudayaan, Riset, dan Teknologi (Kemendikbudristek) mengembangkan Platform Merdeka Mengajar (PMM) yang merupakan platform edukasi yang menjadi teman penggerak untuk pendidik dalam mewujudkan Pelajar Pancasila yang memiliki fitur Belajar, Mengajar, dan Berkarya. PMM menyediakan referensi bagi guru untuk mengembangkan praktik mengajar sesuai dengan Kurikulum Merdeka. Memberikan fasilitas Pelatihan Mandiri kepada guru dan tenaga kependidikan untuk dapat memperoleh materi pelatihan berkualitas dengan mengaksesnya secara mandiri, untuk mengembangkan diri dengan akses tidak terbatas yang pada akhirnya adalah mengembangakan kualitas dari komptensinya dalam impelementasi kurikulum merdeka.
Besarnya peranan PMM dalam penerapan kurikulum merdeka, maka semua guru dan tenaga kependidikan wajib mengakses PMM sebagai sarana untuk mempelajari berbagai hal tentang kurikulum merdeka dan mengerjakan pelatihan secara mandiri untuk mengembangkan kompetensinya sehingga dapat mengembangkan kualitas pembelajaran yang sesuai dengan kurikulum merdeka.
Kegiatan workshop ini berjalan dengan lancar dan diharapkan bapak ibu guru mampu memanfaatkan platform merdeka mengajar dengan baik.